Selasa, 06 Agustus 2019

Kisah Keguguran Istri: Selamat Jalan Si Kembar Ayah dan Ibu!


Jumat, 2 Agustus 2019, telepon genggamku berdering. Ada telepon dari istriku. Ini hal yang tidak biasa, sebab jarang-jarang istri menelpon saat aku bekerja. 

“Yang, bisa pulang ga?” terdengar suara istriku di telepon.
“Iya yang. Emang kenapa yang?” tanyaku tanpa firasat apapun.
“Aku pendarahan yang. Aku keguguran,” kata istriku lirih.

Deg. Seketika dunia rasanya gelap gulita. Aku ingin menangis tapi kutahan karena ini masih di kantor dan masih jam kerja. Tentunya sebagai lelaki aku berusaha setenang mungkin.

“Iya yang, secepat mungkin aku ke sana,” kataku di telepon.

Pikiranku langsung teringat dua bulan yang lalu. Istriku mengabari sedang hamil. Ini kabar bahagia karena kami sudah lima tahun menanti momongan. Saat ini, aku punya satu anak. Tapi, itu bisa dibilang anak angkat, yakni ponakan yang memilih tinggal bersamaku.

Bahkan sebulan yang lalu, dokter mengabari kami akan memiliki bayi kembar. Aku senang sekali saat itu. Penantian panjangku akan berakhir.

Tapi, kini semua berubah menjadi gelap gulita. “Pakbos, aku izin mau pulang duluan ya. Istriku pendarahan,” kataku pada bos. Aku memang sengaja tak bilang kalau istriku keguguran, sembari menenangkan diriku sendiri.

Bos mungkin melihat aku begitu panik. Wajah panik memang tak bisa disembunyikan dariku. “Iya man, hati-hati ya,” kata bosku melihat wajahku yang panik.

Saat itu, seharusnya aku mengikuti rapat mingguan redaksi bola. Tapi, situasi ini membuat bos mengizinkanku pulang dan melihat keadaan istriku. Aku menyelesaikan dulu pekerjaanku, berita F1 dan berita pertandingan, lalu segera pulang.

Jarak kantorku ke rumah lumayan jauh. Dari Pulogadung, Jakarta Timur ke Tambun Utara Bekasi. Aku harus naik ojek online menuju stasiun Klender, dan dari Stasiun Klender disambung KRL menuju Stasiun Tambun.

KRL menuju Tambung Cikarang, tak sebanyak KRL Bekasi. Aku pun memilih untuk naik ke Bekasi dulu dan menunggu lagi di Stasiun Bekasi.

Dalam perjalanan, aku benar-benar sedih. Mungkin ada beberapa air mata yang keluar, tapi sebisa mungkin aku terus menguatkan diri.

Singkat cerita, pukul 19.30 aku sampai di rumah. Aku langsung memeluk istriku. Istriku menangis dan menceritakan detail kisah yang dia alami.

“Tadi sore, pas aku ke kamar mandi. Tiba-tiba keluar darah semua. Dan keliatan ada dua janin ikut keluar,” cerita istriku sambil terisak.

“Pas itu benar-benar panik. Aku langsung bergegas ke dokter, langsung kubawa dua janin dengan hati-hati. Sambil bilang, ‘Nak maafin ibu ya Nak, ibu ga bisa jagain kamu.

Dokter terus bilang ‘Ini maaf ya bu, mungkin belum rezeki ibu. Tetap tenang ya bu, Insya Allah nanti ada gantinya. Ini anak ibu sayang banget ama ibu. Ibu bersih banget, jadi ga perlu dikuret ya.

Aku saat itu hanya bisa bilang iya iya ke dokter. Karena pikiran benar-benar blank.

Ini pas buka lemari. Dulu Sayang sempat beli baju bayi. Jadi nangis lagi,” kata istriku.

Ya Allah, dalam hati sebenarnya aku pun ikut bersedih. Tapi, sebagai suami tentunya harus kuat. Aku pun menguatkan istriku agar tabah menghadapi ini semua dan yakin akan takdir Allah Azza Wa Jalla.

“Yang tetap sabar ya yang. Insya Allah jadi tabungan nanti di akhirat. Allah tak akan menguji Hamba-Nya melebihi kemampuan Hamba-Nya. Jadi kalau Sayang dapat ujian seperti ini, Allah percaya sama Sayang bisa melewati ini semua,” kataku.

Kata dokter, penyebab istri keguguran adalah kelelahan. Mungkin, karena terpilih sebagai ketua komite ibu-ibu di SD anak, ditambah kelelahan karena mengurus rumah tangga.

Sebenarnya, aku sebagai suami sudah membantu tugas istri, karena beberapa kali memang kerja dari rumah. Jadi, bisa sambil bantu-bantu nyuci piring dan antar jemput anak. Tapi, memang sudah takdir Allah begini. Mungkin Allah punya rencana dan tahu mana yang terbaik.

Dan Alhamdulillah setelah kejadian ini ada banyak saudara dan juga tetangga yang menjenguk ke rumah. Tetangga TK anak, SD, RT, paman, dan lain-lain. Ada juga teman yang memberikan dukungan di Instagram dan Whatsapp.

Mudah-mudahan dengan kejadian ini, kami bisa mengambil hikmahnya. Dan semoga yang mengalami musibah seperti kami juga mendapat kekuatan dan tetap yakin Allah akan memberikan yang terbaik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

ada komentar? silakan tuliskan.. hatur nuhun
(kalo yg nggak punya blog pilih yang name/URL, URL-nya dikosongin aja, okay?)

Entri yang Diunggulkan

Pengalaman Cek Fisik Bantuan di Samsat Karawang Buat Perpanjang STNK

Halo guys, kali ini gw mau berbagi pengalaman mengenai cek fisik bantuan di Samsat Karawang. Jadi gini, sekarang gw tinggal di Jakarta. Tapi...