Jumat, 03 Oktober 2008

Rivalitas Inter-Roma

Rivalitas Inter dan Roma sangat berbeda dengan rivalitas Inter dengan Milan ataupun Juventus. Jika Inter-Milan dan Inter-Juve diwarnai dengan sejarah panjang, rivalitas, dan juga dendam, rivalitas Inter dan Roma tidak demikian. Rivalitas kedua tim hanya sebatas persaingan di lapangan hijau, untuk memperebutkan gelar. Cukup hanya itu. Tak ada unsur dendam atau gengsi yang lain.


Lihat saja, di Soccer Series dan juga di game FM rival Inter hanya Milan dan Juventus, tak ada AS Roma. di majalah Interina juga tidak ada rivalitas Inter-Roma. Makanya artikel ini saya buat sendiri, gak bisa copy-paste.. hehe..


Jika berbicara torehan gelar, trofi yang sudah diraih Inter dan Roma sangat berbeda jauh. Inter sudah meraih 16 scudetto, 5 Coppa Italia, 4 Supercoppa Italia, 2 Liga Champions, 3 Piala UEFA, dan 2 Piala Interkontinental. Sedangkan Roma baru meraih 3 scudetto, 9 Coppa Italia, 2 Supercoppa Italia, dan 1 Fairs Cup.


Namun, ternyata Roma selalu saja menjadi pesaing Inter dalam meraih gelar. Lihat saja di Piala UEFA 1990-91 Inter menjadi juara dengan mengalahkan Roma di partai puncak. Persaingan Inter dan Roma mulai memanas sejak musim 2004-05. Bayangkan sejak musim itu (hanya 4 musim), Inter dan Roma sudah bertemu 18 kali! Yakni 8 kali di Serie-A, 7 kali di final Coppa Italia (final terakhir tak ada first leg + second leg, yg lain ada), dan 3 kali di Supercoppa Italia. Dari persaingan sengit itu Inter memperoleh 3 scudetto (2005-06, 2006-07, 2007-08), 2 Coppa Italia (2004-05, 2005-06), dan 2 Supercoppa (2006, 2008, thn 2005 inter memperoleh supercoppa tapi lawannya Juve bukan Roma). Sedangkan Roma "hanya" kebagian jatah 2 coppa Italia (2006-07, 2007-08) dan 1 Supercoppa (2007).


Sebuah rekor pertemuan yang sangat fantastis, yang hanya bisa disaingi pertemuan Liverpool dan Chelsea. Hanya bedanya Liverpool dan Chelsea mah sering bertemu juga di Liga Champions, sedangkan Inter dan Roma belum pernah bertemu di Liga Champions. Alangkah menariknya jika kedua tim bisa bertemu di partai puncak Liga Champions musim ini, apalagi musim ini final akan dilakukan di Stadion Olimpico. Pas ulangtahun saya lagi, tanggal 27 Mei. hehe..




Roma dan Inter adalah dua klub besar yang tidak terkena kasus Calciopoli.(kejujuran pangkal keberhasilan, bro..!) Oleh karena itu sejak musim 2005-06, kedua klub ini selalu bersaing meraih scudetto. Musim 2005-06 Roma mencetak sensasi dengan mencetak rekor 11 kemenangan beruntun di Serie-A. Namun gagal memperoleh “hadiah” scudetto dari Calciopoli, karena poin Inter jauh di atas Roma (waduh mo dapet hadiah aja ga berhasil.. hehe..). Rekor 11 kemenangan beruntun milik Roma ternyata hanya bertahan semusim. Musim 2006-07 Inter mencetak 17 kemenangan beruntun, jauh di atas rekor Roma.


Musim 2006-07 Inter memang sangat mendominasi Serie-A. Bahkan berhasil finish dengan 97 poin, terpaut 22 poin dengan Roma yang menjadi runner-up dan juga rekor poin di Eropa. Namun, musim itu Roma sedikit meneteskan noda di balik kesuksesan spektakuler Inter. Roma-lah yang mematahkan rekor tak terkalahkan sekaligus menunda pesta scudetto Inter. Di pekan ke-32 Roma mengalahkan Inter, dan pahitnya di San Siro yang sudah siap berpesta. Roma juga yang memupus ambisi double winners Inter dengan mengalahkan Inter di final Coppa Italia. Bahkan Roma membantai Inter yang sudah juara serie-A di Olimpico dengan skor mencolok 6-2. Setetes noda di musim yang cukup spektakuler.


Musim 2007-08, walaupun Juventus sudah kembali ke Serie-A dan Milan sudah tak mendapat pengurangan poin, ternyata Roma masih menjadi pesaing utama Inter meraih scudetto. Bahkan musim itu, nyaris saja scudetto lepas dari genggaman. Roma memaksa Inter bertarung hingga pekan terakhir untuk memastikan scudetto ke-16. Sebuah musim yang bisa dibilang sungguh menegangkan. Jadi walaupun dalam tiga musim ini Inter selalu berhasil memenangkan persaingan scudetto dengan Roma, bisa dibilang perlawanan yang dilakukan Roma cukup ketat.


Hal menarik dari rivalitas kedua tim, dalam dua musim ini ada saja pemain Roma yang pindah ke Inter. Setelah Christian Chivu, musim ini giliran Amantino Mancini. Siapa musim depan? Mudah-mudahan aja Roberto Aquilani, seperti yg digosipkan selama ini.. hehe.. atau danielle de rossi


roma 1-4 inter
Musim 2006/2007


Musim 2007/08

Tanggal 1 Maret 2009 kedua tim akan kembali bertemu..
akankah terjadi lagi pembantaian??



17 komentar:

  1. Pertamaxx...
    gw yakin sekor bakal berulng ntuh,
    roma tanpa mexes dan panucci yg kmren di kartu merah,
    mungkin akan sedikit adil melihat jatah bek yg di punya inter sekarang.

    nice post broo, tetep dukung inter!!

    FORZA RAGAZZI INTER!!!

    BalasHapus
  2. yah.. gagal pertamax, cuma keduax..

    BalasHapus
  3. prediksi skornya :
    cukup Roma 6 Inter 2, wkwkwkkww..
    roma emang kr terpuruk, but Roma is Roma, Ajag is Ajag, anu siap nerkam interlokal kapanpun..ehehhehhe

    btw artikelna keren.. cm eta kunaon gambar skorna anu ditampilkn anu 1-4 lain anu 6-2. heuheue. 1-4 mah pedah wae pas kartu merah Giuly..

    BalasHapus
  4. By : Aidie™º

    Roma - Inter....

    Dilihat dari kondisi terakhir, kedua tim sama2 sedang "pincang" dengan sebab yg berbeda... Roma sedang pincang karena 2 pemain vitalnya Mexes n Panucci absen krn kartu merah dan juga Totti yg blm 100% fit. Berbeda halnya dgn Inter, yg mana sedang pincang gara2bbrp pemain penting tim dilanda badai cedera seperti Figo, Materazzi, Chivu, dan terakhir Rivas harus naik meja operasi. Burdisso blm bisa diturunkan krn hukuman krtu merah saat derby.

    Kalo dilihat dari posisi klasemen kompetisi (hingga giornata 6), perbedaan posisi kedua tim sangat jauh. Roma sangat terpuruk dibandingkan Inter. Roma berada di peringkat 13 dengan 8 poin sdngkan Inter di peringkat 13 (kalah selisih gol dengan Lazio dan Udinese yg memiliki poin yg sama).

    So jika dianalisa lebih lanjut dari kedua aspek tersebut diatas, Inter berpeluang menuai hasil positif. satu Faktor pendukung adalah Amantino Mancini. AM adalah mantan pemain Roma selama 5 musim, sudah pasti AM mengetahui kekuatan Roma dibwh asuhan Luciano Spaletti.

    Tapi jangan pernah meremehkan Roma. Bertindak selaku tuan rumah, didukung oleh suporter fanatik dan keinginan utk melepaskan inkonsistensi tim, bisa jadi akan melecut semangat De Rossi cs. Apalagi lawan yg dihadapi adalah Inter yg merupakan musuh bebuyutan selama 2 musim terakhir. Selama 4 musim terakhir di ajang SERIE A, Roma tidak pernah menang melawan Inter di Olimpico. Kemenangan terakhir pada musim 2003/2004 yaitu dengan skor 4-1

    Jadi peluang Roma 45-55 Inter...

    prediksi Skor yg cukup objektif, 0-2 untuk Inter

    BalasHapus
  5. wah keren infonya kumplit euy. prediksi ane INTER bakal ngalahin r0bot eh roma dengan skor 3 - 1. melihat yg udah2 musim ini, Inter kalo kebobolan, ga lebih dari 1 gol tiap bertanding. dari 3 gol Inter 1 diantaranya ma pemain tengah (siapa aja deh), trus yang dua ma striker. striker masing2 buang 2 peluang emas. nah kalo gol robot eh roma, kalo ga kontroversial, paling blunder pemain blakang INTER HEHE nganggap remeh NIH, ga deh bcanda. lupain komentar ane ingetnya prediksi aje 3 - 1 buat kemenangan INTER.

    BalasHapus
  6. berat...tapi aku yakin Inter pasti menang. Lupakan derby kemarin...ayo Inter.

    BalasHapus
  7. Roma = Totti
    Totti = Roma
    Bagaimana Roma ya bagaimana Totti aza.

    BalasHapus
  8. hajar roma.. gw yakin kita bisa bantai roma.. sama2 buntung di lini belakang tapi cadangan kita lebih bagus tentu nya daripada as roma.. inter akan menang pasti..

    BalasHapus
  9. wah, prediksinya mantep-mantep euy.. terutama buat Aidie™º, dilihat kondisi terakhir kedua tim. udah kayak pengamat ajah.. hehe..

    bwt WENDI MATRIX, wah kalo buang2 peluang emas, ama gol blunder pemain inter itu mah kejadian pas lawan bologna atuh.. heehe. tp bener banget, roma bakal sulit untuk menang. apalagi kalo mo menang 6-2 seperti kata Anonim yg ketiga alias kang subhan.. wah ga mungkin banget.. itu mah ibarat menunggu larutan HCl yang merupakan asam kuat berubah menjadi basa.. hehe

    wah dosen sya pa atwar juga bilang inter bakal menang 3-1, komennya di shoutmix tp bukan di sini..
    4za inter! hajar biskuit roma! ditunggu ya yg lain prediksinya.. jadikan roma santapan aja.. hehe

    BalasHapus
  10. Kira-kira....
    3-0 mah bisa lah Inter menang...


    oia, Kang Ibra nunggu di terminal Leuwipanjang ceunah habis maen sareng timnas. Da kang Ibra mah teu nganggo mobil pribadi. Naek bus ajah. Ari Kang Adriano Abis membela Brazil langsung mampir heula ka Simpang rek meuli es Shanghai. Hha..

    BalasHapus
  11. HIDUP INTER!!!
    HIDUP BIRU!!
    HIDUP PERSIB!!
    HIDUP LANGIT!!!
    HIDUP KWARSA!!!
    HIDUP ZEOLIT!!!
    HIDUP OBSIDIAN!!!

    BalasHapus
  12. Roma vs Inter..
    Mnrt q tu prtndgn yg sRu th cz dsTu pzt r0ma pgn blz dndm akn kklhanY dpiala sUper italia kmrn..dtmbh brmaen dpublik sndri pzt bkL brjwng mti2n..!
    Tp bgaimnpun n skraz ppun uSha r0ma te2p inter yg win...!
    Hohoho..
    Internazi0naLe Milan th the b3sT eUy pk0na mh..!
    SkoR q bLg 2-1 ga pke de2gn pi kykna mh de2gn abz...!
    Wt kang ibRa q hrz siapin stamina lbh..wT ngeg0Lin sukur2 bSa haTRick pi stu goL jg gp2..
    Q LuV inter..
    4za ibRa
    4za inter

    BalasHapus

ada komentar? silakan tuliskan.. hatur nuhun
(kalo yg nggak punya blog pilih yang name/URL, URL-nya dikosongin aja, okay?)

Entri yang Diunggulkan

Pengalaman Cek Fisik Bantuan di Samsat Karawang Buat Perpanjang STNK

Halo guys, kali ini gw mau berbagi pengalaman mengenai cek fisik bantuan di Samsat Karawang. Jadi gini, sekarang gw tinggal di Jakarta. Tapi...