Senin, 26 Agustus 2013

Stadion Jalan Besar, Stadion Kecil dengan Prestasi Besar

Singapura. Apa yang pertama kali terlintas setelah mendengar negara ini? Bagi saya pecinta sepakbola, Singapura merupakan negara dengan juara terbanyak di Piala AFF, kompetisi dua tahunan negara-negara ASEAN.

Singapura tercatat sebagai negara yang paling banyak menjuarai Piala AFF. Dari 4 kali ke final, Singapura keluar sebagai juara 4 kali pada 1998, 2004, 2007, dan 2012. Indonesia juga sebenarnya empat kali melaju ke partai final. Sayang, dari empat kesempatan itu selalu menjadi runner-up. Hiufft..

Yang terbersit dalam pikiran saya, seperti apa sih stadion negara tersukses di Asia Tenggara ini? Makanya saat mendapat kesempatan dari NESTEA untuk mengunjungi Singapura bersama ibu saya, saya sangat berniat ingin mengunjungi stadion. Stadion Jalan Besar merupakan stadion yang menjadi markas tim nasional Singapura. Stadion ini juga menjadi markas klub Young Lions dan Singapore LIONSXII.

 Kebetulan saya menginap di Ibis Hotel Bencoleen. Saat malam hari, 23 Agustus 2013, saya mengunjungi Bugis Street bersama ibu saya. Dan di sana sempat melihat ada plang Jalan Besar. Maka esok harinya saya langsung berniat mengunjungi stadion tersebut. Malam harinya belanja di Bugis. Lumayan juga di sini murah-murah, cocok buat yang mau beli oleh-oleh.

 Esok harinya saya mengunjungi dua kuil yang ada di dekat hotel. Sri Krishnan Temple dan Kwan Im Thong Hood Cho Temple. Saat orang lain beribadah, saya dan ibu asik popotoan hehe.

 Setelah itu saya dan ibu langsung menuju Jalan Besar. Namanya aja sih jalan besar tapi ternyata jalannya kecil. Saya kira stadionnya benar-benar dekat situ, ternyata masih harus jalan lumayan jauh. Dari situ, menyusuri jalan terus lurus ke kiri. Ada komplek, ada jalan lagi. Nah, di jalan sempit itu ada stadion. Paling ujung jalan.

 Saat mencari stadion saya sempat bertanya pada seorang wanita. Dia baik juga sampai mengantarkan ke lokasi. Sebelumnya malah orang India sampai nelpon ke hotel pas saya tanya alamat hotel. Beda sama orang kita, kalo ditanya pasti jawab sih. Tapi biasanya menyesatkan heehe.






 Okey, balik ke stadion. Stadionnya ternyata kecil banget. Ini mah jangankan oleh Stadion Gelora Bung Karno, sama Siliwangi juga kalah jauh. Haha. Kecil, mungil, sederhana. Kalo menurut wikipedia sih hanya berkapasitas 8000 penonton. Dengan kapasitas semungil itu mereka bisa juara. Salut.

 Berbeda dengan Indonesia yang akhir-akhir ini kedatangan tim besar Eropa dari mulai Internazionale, Arsenal, Liverpool, dan Chelsea, Singapura justru tak pernah kedatangan tim besar. Hitungan klub-klub itu pasti bisnis. Karena di Singapura penduduknya sedikit, yah memang untung juga tidak akan terlalu besar.

 Di pintu masuk stadion Jalan Besar, ada foto singa begitu besar. Ibu saya sempat foto di sini loh.




4 komentar:

ada komentar? silakan tuliskan.. hatur nuhun
(kalo yg nggak punya blog pilih yang name/URL, URL-nya dikosongin aja, okay?)

Entri yang Diunggulkan

Pengalaman Cek Fisik Bantuan di Samsat Karawang Buat Perpanjang STNK

Halo guys, kali ini gw mau berbagi pengalaman mengenai cek fisik bantuan di Samsat Karawang. Jadi gini, sekarang gw tinggal di Jakarta. Tapi...