Kamis, 14 September 2023

Pengalaman Cek Fisik Bantuan di Samsat Karawang Buat Perpanjang STNK

Halo guys, kali ini gw mau berbagi pengalaman mengenai cek fisik bantuan di Samsat Karawang.

Jadi gini, sekarang gw tinggal di Jakarta. Tapi pelat nomor E alias pelat Cirebon.

Untuk pajak tahunan, gw biasa bayar online lanjut pengesahan di Samsat Karawang. Kenapa Samsat Karawang? 

Karena pelat E masuk wilayah Polda Jabar, jadi harus di Samsat yang masuk regional Jawa Barat. Tak bisa di Samsat Jakarta karena masuk dalam wilayah Polda Metro Jaya.

Okey guys, back to topic ya mengenai cek fisik bantuan.

Cek fisik bantuan itu untuk membantu perpanjangan STNK alias ganti kaleng untuk pelat yang di luar domisili. 

Dalam hal ini, pelat gw adalah E. Samsat terdekat yang bisa cek fisik bantuan untuk wilayah Jawa Barat adalah Samsat Karawang.

Dalam hal ini cukup terbantu ya. Jadi dengan adanya cek fisik bantuan gw ga perlua jauh-jauh bawa motor ke Cirebon. Gw bisa cek fisik di Karawang dan melakukan pembayaran di Cirebon.

Singkat kata, gw pun melakukan cek fisik bantuan di Samsat Karawang. Syaratnya mudah. Cukup bawa KTP asli, STNK, pajak, dan BPKB asli disertai dengan fotokopi.

Kalau lupa membawa fotokopi jangan khawatir di Samsat Karawang ada tempat fotokopian. Mereka menyediakan paket untuk urus STNK fotokopian dan map seharga Rp5ribu.

Setelah itu, kita langsung bawa berkas ke pendaftaran. Lalu, menemui petugas untuk melakukan cek fisik di tempat motor kita diparkir.

Petugas akan meminta tarif seikhlasnya. Jadi ini bebas ya mau ngasih berapa.



Setelah cek fisik kita tinggal menyerahkan dokumen lengkap ke loket. Dokumen dilegalisir.

Dan taraa. Cek fisik bantuan selesai. Hanya kurang lebih 10 menit.

Pembayaran di Samsat Cirebon
Setelah itu, gw melakukan pembayaran di Samsat Cirebon.

Dokumen yang disiapkan adalah lembar cek fisik bantuan dari Samsat Karawang, STNK, pajak, KTP, BPKB asli dan fotokopi.

Di Samsat Cirebon, yang pertama dilakukan adalah meminta cap di loket. Setelah itu, serahkan dokumen lengkap ke bagian pendaftaran.

Petugas akan memberikan formulir yang harus diisi. Isi sesuai jenis kendaraan Anda.

Lalu, serahkan semua dokumen tadi ke loket. Setelah itu kita tinggal menunggu dipanggil di loket pembayaran.

Di loket pembayaran kita diminta membayar pajak tahunan dan STNK. Setelah itu, kita akan menerima bukti pajak dan STNK yang baru.

Lanjut kita ke bagian belakang di dekat kantin. Di sotu kita menunggu pelat nomor yang baru. Petugas akan meminta bayaran seikhlasnya setelah pelat motor diterima.

Demikian proses cek fisik bantuan dan perpanjang STNK di Samsat Karawang dan Cirebon. Semoga bermanfaat yaa. .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

ada komentar? silakan tuliskan.. hatur nuhun
(kalo yg nggak punya blog pilih yang name/URL, URL-nya dikosongin aja, okay?)

Entri yang Diunggulkan

Pengalaman Cek Fisik Bantuan di Samsat Karawang Buat Perpanjang STNK

Halo guys, kali ini gw mau berbagi pengalaman mengenai cek fisik bantuan di Samsat Karawang. Jadi gini, sekarang gw tinggal di Jakarta. Tapi...