Senin, 15 Februari 2010

Pandev: Maafnya Hanya untuk Laziale


Box 1 : Maafnya Hanya untuk Laziale

Kepindahan Pandev menyisakan kontroversi. Dia pindah ke Inter setelah memenangkan pengadilan atas kasus kontraknya di Lazio. Dia pun meminta maaf atas kepindahannya yang terjadi dengan cara yang “tidak biasa” itu. Bukan kepada manajemen Lazio, melainkan kepada para Laziale.

Pandev memilih harian Roma, Il Messaggero, untuk menyampaikan surat terbukanya kepada para suporter Lazio. Dia meminta maaf, sekaligus berpamitan karena harus pindah klub."Beberapa bulan terakhir banyak mengajarkanku betapa buruknya kebohongan itu. Aku tak ingin menggunakan kata-kata manis tapi palsu bahwa aku harus pergi. Aku selalu berusaha jujur sejak hari pertama di Formello," tulisnya.

"Apa yang kukatakan mungkin melukai sebagian orang. Mulai 2010, aku akan menjadi lawan. Aku akan merayakan kemenangan dengan seragam baru yang berbeda dengan I Biancocelesti. Dalam beberapa tahun, berkali-kali aku berpikir akan bersama Lazio sepanjang hidup. Sayangnya, ini tak mungkin dan ini biasa terjadi dalam sepak bola," tambahnya.

Pandev mengaku tak pernah sekali pun terpikirkan akan meninggalkan Lazio dengan cara yang tak mengenakkan itu. Sesungguhnya dia lebih suka memenangkan duel melawan defender lawan di lapangan dibandingkan di pengadilan.

"Seharusnya tak berakhir seperti ini. Tapi, ini di luar kekuasaanku. Arrivederci Roma dan selamat tahun baru Lazio," ujarnya akhir 2009 lalu.


Infografis 1: Kreator pun Eksekutor
Goran Pandev bisa dikatakan melengkapi lini depan Inter Milan yang sarat dengan nama baru musim ini. Secara statistik, meski bergaji termurah, Pandev tak kalah mentereng. Hal ini bisa dibuktikan dari lima laga perdana ketiga striker sejak berkostum I Nerazzurri.

Dalam urusan mencetak gol, Pandev memang kalah dari Milito. Tapi dia memiliki keahlian lain, yakni dalam memberikan assist. Untuk urusan mencetak gol pun, Pandev lebih efektif dibandingkan dua striker lainnya. Dia hanya memerlukan 9 tendangan tepat untuk menciptakan tiga gol.

Berikut perbandingan striker anyar Inter pada 5 laga perdananya.

Statistik 5 Laga Pertama di Inter


Eto’o

Milito

Pandev

Menit

449

439

403

Tendangan melenceng

16

13

9

Tendangan ke gawang

5

9

7

Melanggar

8

7

3

Dilanggar

9

7

13

Gol

3

5

3

Assist

0

2

3


Infografis 2: 5 Fakta Menarik Pandev


  1. Pandev merupakan pemain Makedonia kedua yang berkarier di Italia. Pemain pertama adalah Darko Pancev, yang bermain bersama Inter Milan antara 1992–1995.
  2. Di Makedonia dan Lazio, Pandev bermain di posisi berbeda-beda. Di Lazio, ia biasa bermain di belakang Tomasso Rocchi. Di timnas Makedonia, sejak kedatangan pelatih Srecko Katanec, Pandev bebas bermain di lapangan tengah atau menjadi striker tunggal.
  3. Maret 2009, Pandev dianugerahi “Macedonia's Medal for Service” oleh Presiden Branko Crvenkovski, sebagai pengakuan atas prestasi olahraga dan kontribusi untuk mengembangkan dan memopulerkan olahraga di Makedonia serta mempromosikannya ke luar negeri.
  4. Dia memiliki sejumlah grup di Facebook, sebuah halaman MySpace dan juga situs pribadi, www.goranpandev.com
  5. Di timnas Pandev berstatus top skorer telah mencetak 22 gol dari 52 pertandingan, mengalahkan rekor sebelumnya yang dipegang oleh Gjorgji Hristov dengan 17 golnya. Pandev menyamai rekor Hristov saat melawan Spanyol, Agustus 2009.

Rubrik Playmaker Tabloid Soccer, edisi 33/X, 13 Februari 2010




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

ada komentar? silakan tuliskan.. hatur nuhun
(kalo yg nggak punya blog pilih yang name/URL, URL-nya dikosongin aja, okay?)

Entri yang Diunggulkan

Pengalaman Cek Fisik Bantuan di Samsat Karawang Buat Perpanjang STNK

Halo guys, kali ini gw mau berbagi pengalaman mengenai cek fisik bantuan di Samsat Karawang. Jadi gini, sekarang gw tinggal di Jakarta. Tapi...