Jumat, 15 Juni 2012

Pemain Muslim di Piala Eropa 2012

Perhelatan Piala Eropa 2012 telah bergulir. Ada fakta menarik di ajang yang berlangsung di Polandia dan Ukraina ini. Tak lain adalah semakin banyaknya pemain Muslim yang berlaga.

Laga perdana grup D antara Prancis dan Inggris, Senin 11 Juni 2012 berlangsung menarik. Dalam starting line up Prancis terdapat 5 pemain Muslim yang menghuni skuad Les Blues.

Sebut saja Adil Rami, Franck Ribery, Samir Nasri, Alou Diarra, dan Karim Benzema. Masuknya Hatem Ben Arfa menit 84 menggenapi pasukan Muslim Prancis menjadi 6 orang.

Dua pemain Muslim pada akhirnya menyelamatkan Prancis dari kekalahan setelah sempat tertinggal lewat gol Joleon Lescott. Menit 39, Samir Nasri sukses membawa Prancis menyamakan kedudukan. Gelandang Manchester City itu melepaskan tendangan dari luar kotak penalti setelah menerima umpan matang Franck Ribery. Babak pertama pun berakhir sama kuat 1-1.

Saya bahas dua pemain Muslim yang bermain baik dalam laga ini.
Samir Nasri
Nasri tergolong seorang Muslim yang taat. Dalam sebuah wawancara dalam media Arab sesaat setelah membawa Manchester City juara, Nasri mengucapkan takbir.

“Itu semua berkat Tuhan. Allah Akbar!" kata Nasri
Klik wawancaranya di sini 

Franck Ribery
Ada quote yang sangat bagus dari gelandang Bayern Munich ini.

“Islam adalah sumber kekuatan saya di dalam dan di luar lapangan sepak bola. Saya mengalami kehidupan yang cukup keras dan saya harus menemukan sesuatu yang membawa saya pada keselamatan, dan saya menemukan Islam,” katanya.

Di Prancis sendiri, jumlah komunitas muslim terus membengkak. Prancis merupakan tempat tinggal 6-7 juta muslim, dan tercatat sebagai pemeluk muslim terbesar di Eropa. Namun, kebanyakan mereka menyembunyikan jati diri kemuslimannya karena kentalnya stereotip yang melekatkan muslim dengan terorisme.

Muslim di laga Belanda vs Jerman
Pertandingan lain di Piala Eropa yang banyak melibatkan pemain Muslim adalah laga Belanda vs Jerman, Kamis 14 Juni 2012.

Di kubu Belanda ada nama Ibrahim Afellay. Sedangkan di Jerman ada Mesut Oezil dan Sami Khedira. Di bangku cadangan Belanda masih ada nama Khalid Boulahrouz.

Dari nama-nama tersebut mungkin Oezil yang paling saleh. Dia terkenal dengan kebiasaannya membaca Al-Quran sebelum bertanding. “Saya selalu melakukan itu (mengaji) sebelum memasuki lapangan. Saya berdoa dan rekan-rekan setim saya tahu mereka tak bisa berbicara pada saya dalam jangka waktu tersebut,” ujar Oezil pada harian Jerman, Der Tagesspiegel.

Ada yang banyak menyebut Robin van Persie adalah Muslim. Namun dalam wawancara dengan Dutch football, penyerang Arsenal ini membantahnya.

"Itu tidak benar. Saya bukan seorang Muslim, bukan pula seorang Kristen, dan bukan juga seorang Yahudi. Saya telah dibesarkan secara bebas. Jika Anda ingin menjadi seorang Muslim, itu harus datang dari hati. Saya tidak akan melakukannya hanya untuk menyenangkan istri saya," kata van Persie.

Ibrahimovic Muslim?
Satu lagi pemain yang 'mungkin' Muslim di Piala Eropa adalah Zlatan Ibrahimovic. Mengapa saya katakan mungkin? Karena agama pemain AC Milan ini masih tanda tanya.

Banyak sumber yang menyebutkan pacar dari Helena Seger ini adalah seorang Muslim. Ayahnya, Sefik, yang berasal dari Bosnia adalah seorang Muslim sedangkan ibunya, Jurka adalah seorang Katholik yang berasal dari Kroasia. Tato kirinya yang berhuruf Arab menunjukkan agama ayahnya yang seorang Muslim.

Namun, dalam website pribadinya ayah dari dua anak ini ia tak memedulikan agamanya atau bersikap “masa bodoh”. Ada yang menyatakan Ibra mengikuti keyakinan ayahnya, ada pula yang menyebutkan Ibra mengikuti jejak ibunya.

Tapi kalau ingat Swedia, saya ingat Maher Zain. Lagu-lagunya Islaminya sangat menyentuh :)

Okey, saya baru tahu segitu pemain Muslim di Piala Eropa kali ini. Seandainya Turki dan Bosnia-Herzegovina lolos mungkin semakin banyak pemain Muslim yang hadir.

Saya list yah, mungkin ada yang bisa menambahkan?
Pemain Muslim di Piala Eropa 2012
1. Adil Rami (Prancis/Valencia)
2. Franck Ribery (Prancis/Bayern Munich)
3. Samir Nasri (Prancis/Manchester City)
4. Alou Diarra (Prancis/Marseille)
5. Karim Benzema (Prancis/Real Madrid)
6. Hatem Ben Arfa (Prancis/Newcastle United)
7. Ibrahim Afellay (Belanda/Barcelona)
8. Khalid Boulahrouz (Belanda/VfB Stuttgart)
8. Mesut Oezil (Jerman/Real Madrid)
9. Sami Khedira (Jerman/Real Madrid)
10.Zlatan Ibrahimovic (Swedia/AC Milan)
11. Marat Izmailov (Rusia/Sporting Lisbon)

38 komentar:

  1. Di Prancis wajarlah karena banyak pemain keturunan Afrika

    BalasHapus
  2. Behrang Safari (Swedia), Ilkay Gundorgan (Jerman) gak masuk gan? Kalo Alan Dzagoev agamanya apa ya? namanya kayak org Tatar/Chechnya gitu

    BalasHapus
  3. boleh sekali dicoba, Makasih buat infonya dan sukses

    BalasHapus
  4. untuk tipsnya, saya mau coba semoga juga.

    BalasHapus
  5. website dan dapat tipsnya di website ini, terima kasih, mau dicoba oleh saya.

    BalasHapus
  6. Semoga saya bisa praktekan tipsnya dan berhasil

    BalasHapus
  7. Terima Kasih, Tulisan yang sangat membantu. Salam Sukses!

    BalasHapus
  8. dengan semua pengetahuan ini, terima kasih sudah berbagi ilmu

    BalasHapus
  9. Setelah membaca Info dan Artikel, saya jadi ingin mencoba. Salam Sukses

    BalasHapus
  10. Info yang selalu menambah wawasan.semoga sukses

    BalasHapus
  11. sangat Menarik Artikel dan Tipsnya. boleh dicoba.

    BalasHapus
  12. Infonya.boleh dicoba. ditunggu info berikutnya. Terimaksih

    BalasHapus
  13. jadi ingin coba. semoga berhasil

    BalasHapus
  14. sangat bermanfaat dan Infomatif. wajib dicoba

    BalasHapus
  15. Wibesite ini banyak kumpulan Artikel bagus. harus dicoba. salam sukses

    BalasHapus
  16. Infonya bagus banyak mengandung Tips dan Pesan yang bermutu. salam sukses

    BalasHapus
  17. berguna,terutama Tipsnya sangat membangun. boleh dicoba.

    BalasHapus
  18. Info yang bermanfaat. wajib dicoba. salam sukses selalu.

    BalasHapus
  19. Info menarik, boleh dicoba, Semoga berhasil

    BalasHapus
  20. saya menemukan Artikel yang Amazing dan infonya boleh dicoba. Sukses selalu

    BalasHapus
  21. Artikel hebat di wibesite ini jadi ingin coba Tipsnya. Semoga berhasil

    BalasHapus
  22. Menarik terutama Infonya, boleh dicoba. Salam sukses

    BalasHapus
  23. senang setelah membaca Tips dan Artikelnya, harus dicoba.Semoga berhasil

    BalasHapus
  24. Info dan Tulisannya Amazing, boeh dicoba. Sukses selalu

    BalasHapus
  25. Informasinya keren sekali, sangat bermanfaat.sukses selalu

    BalasHapus
  26. Banyak Tips dan Artikelnya, boleh dicoba. Salam sukses

    BalasHapus
  27. bermanfaat dan Infonya menambah Ilmu pengetahuan. Harus dicoba. Semoga berhasil

    BalasHapus
  28. bermanfaat dan berguna Cuma ada di Wibesite ini, terutama Tips dan Artikelnya. Jadi ingin coba. Salam sukses

    BalasHapus
  29. mencari cari di beberapa Wibesite , saya menemukan Artikel yang Bagus dan bermanfaat. Patut di coba, sukses selalu

    BalasHapus
  30. Terima kasih sudah memberikan kesempatan untuk berkomentar, postingan ini sangat bermanfaat buat saya ;).
    Silahkan di hapus jika kurang berkenan :)

    ITUPOKER.COM AGEN POKER ONLINE INDONESIA TERPERCAYA

    BalasHapus
  31. selamat pagi semua selalu di berkati keberkahan amin
    obat herbal vertigo

    BalasHapus

ada komentar? silakan tuliskan.. hatur nuhun
(kalo yg nggak punya blog pilih yang name/URL, URL-nya dikosongin aja, okay?)

Entri yang Diunggulkan

Pengalaman Cek Fisik Bantuan di Samsat Karawang Buat Perpanjang STNK

Halo guys, kali ini gw mau berbagi pengalaman mengenai cek fisik bantuan di Samsat Karawang. Jadi gini, sekarang gw tinggal di Jakarta. Tapi...