Rabu, 13 November 2013

Adakah Sesuatu di Dunia Ini yang Kebetulan?

Hari Selasa kemaren, ada kejadian langka yang mungkin peluangnya begitu kecil. Bayangkan, dalam hari yang sama ada dua orang yang memesan jersey dari Makassar. Namanya juga sama, Muhammad Haris. Dan yang lebih aneh lagi, keduanya sama-sama pesen jersey Inter home M.



Dan di hari itu juga, saya bertemu dengan dua orang Makassar chating BBM dengan orang Makassar dan terakhir mendengarkan ceramah Ustad Maulana, ustad yang juga dari Makassar.

Kalo bicara peluang, mungkin itu amat sangat kecil banget sekali pisan hehe (bahasa dosen saya dulu, pak Sahala :D). Mungkin hanya sekali dalam seribu tahun cahayaa (apa sih). Jika dipersenkan 0.000000001 persen saja lah bisa kejadian seperti itu.

Pertanyaannya adalah, apakah itu semua terjadi secara kebetulan??? Hmmm...

Tak ada satu pun di dunia ini yang terjadi secara kebetulan. Semuanya terjadi atas izin Allah dan tertera dalam Lauh Mahfuzh. Dia yang Maha Mengatur segalanya.
"Tiada sesuatu pun yang ghaib di langit dan di bumi, melainkan (terdapat) dalam kitab yang nyata (Lauh Mahfuzh). (An Naml, 27:75)

Manusia hanya bisa berusaha dan juga berdoa. Hasilnya kita serahkan pada Allah SWT. Apa yang terbaik menurut kita belum tentu terbaik menurut Allah. Bisa jadi menurut kita baik, justru menurut Allah buruk. Begitu pun sebaliknya.

Boleh jadi kamu membenci sesuatu, padahal ia amat baik bagimu, dan boleh jadi (pula) kamu menyukai sesuatu, padahal ia amat buruk bagimu; Allah mengetahui, sedang kamu tidak mengetahui.(QS. Al Baqarah : 216)

Jadi, tak ada gunanya kita mengeluh. Allah tak pernah memberikan yang buruk untuk kita. Semuanya untuk kebaikan kita. Kita saja yang tidak tahu itu yang terbaik untuk kita.

Ambil contoh, tahun lalu saya nyaris saja menikah. Cincin nikah sudah disiapkan, bahkan sudah izin RT dan RW. Tapi akhirnya batal. Setelah dipikir-pikir memang ada banyak hikmah yang bisa dipetik dari kejadian ini.

Yang pertama adalah munculnya akun @LoGueInteristi. Akun ini muncul hanya beberapa hari setelah kejadian mengenaskan itu, mungkin bisa dibilan pelarian. Sekarang sudah mencapai 8300 follower, dan bahkan saya bisa berjualan di akun @LGI_Store.

Lalu saya sempat berencana homestay dan kuliah di Jerman. Usaha sudah maksimal, sudah ikut kursus intensif. Tapi ternyata saya tak dapat homestay. Yah mungkin ini yang terbaik menurut Allah. Dan selang beberapa hari setelah kejadian itu saya mendapat kesempatan ke London. Mengunjungi Stamford Bridge, Emirates, Old, Trafford, Anfield, dan Wembley.

Percayalah. Allah selalu memberikan yang terbaik untukmu.

3 komentar:

ada komentar? silakan tuliskan.. hatur nuhun
(kalo yg nggak punya blog pilih yang name/URL, URL-nya dikosongin aja, okay?)

Entri yang Diunggulkan

Pengalaman Cek Fisik Bantuan di Samsat Karawang Buat Perpanjang STNK

Halo guys, kali ini gw mau berbagi pengalaman mengenai cek fisik bantuan di Samsat Karawang. Jadi gini, sekarang gw tinggal di Jakarta. Tapi...