Selasa, 17 Maret 2009

Kematian di Lapangan Hijau

Kematian adalah hal yang begitu dekat dengan kita, namun kita tak tahu kapan akan terjadi. Di mana pun dan kapan pun kematian bisa terjadi, termasuk di lapangan hijau. Yup, ada beberapa pemain yang menghembuskan nafas terakhirnya karena insiden / saat bertanding di lapangan hijau.

Baru-baru ini ada kabar duka bagi persepakbolaan nasional. Jumadi Abdi, pemain PKT Bontang menghembuskan nafas terakhirnya karena insiden di lapangan hijau. Jumadi menghembuskan nafasnya yang terakhir pada hari Minggu, 15 Maret 2009, usai mendapat perawatan di Rumah Sakit PKT Bontang. Sebelumnya, pemain kelahiran Balikpapan itu meninggal dunia setelah dirawat sejak Sabtu (7/3) malam.

Jumadi Abdi

Dalam pertandingan melawan Persela pada hari Sabtu pekan lalu, Jumadi bertabrakan dengan pemain Persela, Denny Tarkas. Dalam benturan itu, kaki Denny mengenai bagian perut Jumadi sehingga pemain yang pernah juga pernah bermain untuk Pelita Jaya Jakarta itu tersungkur di lapangan. Meski sempat mendapat perawatan, nyawa Jumadi tidak bisa tertolong lagi. Ia meninggal keesokan paginya.

Ironisnya pemain kelahiran 14 Maret 1983 itu meninggal hanya sehari sehari setelah ulang tahunnya. Lebih ironisnya lagi ia sudah berencana akan menikah tanggal 5 April mendatang. Innalillahi wa inna ilaihi raajiuun. Ajal memang tak dapat diterka.

Mungkin di sepak bola nasional baru kali ini ada pemain yang meninggal di lapangan hijau. Di Eropa setidaknya ada tiga pemain yang meninggal di lapangan hijau. Mereka adalah Marc Vivien Foe, Miklos Feher and Antonio Puerta.

Voe merupakan pemain timnas Kamerun kelahiran tahun 1975.Ia bermain di Olympic Lyonnais dan West Ham United dan kemudian pindah ke Manchester City. Dia menjadi bagian dari timnas Kamerun di Piala Konfederasi tahun 2003. Setelah menghadapi Brasil dan Turki, Kamerun menghadapi Kolombia di semifinal. Saat pertandingan itu ia tiba-tiba terjatuh tak sadarkan diri pada menit ke-72. Setelah diotopsi penyebab kematiannya adalah Hypertrophic Cardiomyopathy. (ga tau penyakit apa ini teh, saya mah ga ngerti.. hehe)

Voe tak sadarkan diri di lapangan


Kasus yang hampir sama menimpa Miklos Fehér.Pemain kelahiran Hungaria tahun 1979 ini meninggal saat membela klubnya Benfica menghadapi Vitoria Guimares. Kematiannya benar-benar tak terduga. Fehér, yang masuk sebagai pemain pengganti, menerima kartu kuning saat injury time dan maju beberapa langkah ke depan. Tiba-tiba saja ia terlihat kesakitan dan terjatuh. Pertolongan pun segera datang ke lapangan.

Ambulans datang ke lapangan dan membawanya ke rumah sakit. Saat tengah malam ia dipastikan meninggal. Nyawanya sudah tak tertolong lagi. Setelah diotopsi penyebab kematiannya adalah serangan jantung. Dia baru berusia 24 tahun. Mungkin banyak orang tak lupa dengan senyuman terakhirnya, senyuman saat ia menerima kartu kuning sesaat sebelum ia terjatuh. Pertandingan dan senyum terakhir dalam hidupnya.

Miklos Feher meninggal di lapangan


Satu lagi pemain yang meninggal di lapangan hijau. Penggemar game FM pasti tahu, Antonio Puerta. Sama seperti di game FM di dunia nyata pun ia adalah pemain muda harapan Spanyol. Ia adalah pemain asli binaan Sevilla. Bakat besarnya telah membuat klub-klub besar tertarik. Real Madrid, Manchester United dan Arsenal mengincar Puerta. Pemain kelahiran 26 November 1984 meninggal saat membela klubnya Sevilla menghadapi Getafe di Stadion Ramon Sanchez Pizjuan. Kematiannya disebabkan Arrhythmogenic Right Ventricular Cardiomyopathy (opo iki, singkatnya sih kesalahan organ kompleks, tanya ke anak kedokteran aja lah). Saat ia meninggal, pacarnya sedang mengandung anak pertamanya. Kematian yang sangat disesali penggemar tim Matador (dan penggemar game FM).

Antonio Puerta, tergeletak di lapangan

Semua pebola itu meninggal dalam usia yang relatif muda. Masih kepala dua semuanya. Hal ini mengingatkan kita bahwa kematian bisa datang kapan pun dan di mana pun. Tak peduli tua maupun muda. Kaya ataupun miskin. Sehat ataupun sakit. Tak ada yang menyangka sebelumnya ajal akan menjemput. Teman saya pun yang SMP ada yang sudah meninggal 2 orang, teman SMA satu orang. Hiks.. Pernah sekelas dengan saya semua. Benar-benar tak terduga dan masih sangat muda.

Hal harus kita lakukan adalah mempersiapkan diri untuk menghadapi kematian. Dengan memperbanyak amal kita dan senantiasa mengingat-Nya.

artikel terkait
http://bola.vivanews.com/news/read/40757-pemain_pkt_meninggal_dunia
http://www.pssi-football.com/id/view_news_111082.php?id=2035
http://www.detiksport.com/sepakbola/read/2009/03/15/203519/1099771/76/pemain-pkt-meninggal-usai-dirawat
http://palanthirofisengard.blogspot.com/2008/05/death-on-football-fields-angel-of.html

10 komentar:

  1. matak ati2 maen di Indonesia mah, suku bisa ka mana-mana,hha. Aye turut berduka cita... :|

    BalasHapus
  2. postingan2 kang luzman anget2 yooo..

    BalasHapus
  3. @ Afif Luthfi -> sumuhun kang kudu ati-ati di Indonesia mah, mani hariwang kitu euy.. teu aya tindak lanjut deui kasus ieu teh :f

    @ Faiz Robbani -> yang anget, yg anget dipilih dipilih,. awas air panas.. hehe'

    @ Presiden Prabowo -> wah makasih Pak sudah berkunjung ke blog saya. sukses terus yah Pak Prabowo dgn programnya

    @ Indra -> salam kenal juga bwt palembang..

    BalasHapus
  4. Wah artikel yang bagus sob
    saya juga ingat temen STM saya yang meninggal dimasa muda
    dia dulu yang ngajarin main gitar lagunya Dewa - Kangen, wah ingat banget malam itu dia ngajarin :)
    artikelnya bikin "sadar", emang kematian tidak mengenal apapun, umur, wajah, status, semuanya dech :D
    thx sob...

    Regards,
    Ghustie Samosir
    www.hanyainfo.blogspot.com

    BalasHapus
  5. I am curious to find out what blog platform you're
    using? I'm experiencing some minor security problems with my latest
    site and I would like to find something more secure.
    Do you have any recommendations?

    Here is my web site ... dragonvale cheats

    BalasHapus
  6. Amazing issues here. I'm very satisfied to see your post. Thanks
    a lot and I'm having a look ahead to contact you.
    Willl you kindly drop me a e-mail?

    Also visit my webpage - candy crush cheats level 102

    BalasHapus

ada komentar? silakan tuliskan.. hatur nuhun
(kalo yg nggak punya blog pilih yang name/URL, URL-nya dikosongin aja, okay?)

Entri yang Diunggulkan

Pengalaman Cek Fisik Bantuan di Samsat Karawang Buat Perpanjang STNK

Halo guys, kali ini gw mau berbagi pengalaman mengenai cek fisik bantuan di Samsat Karawang. Jadi gini, sekarang gw tinggal di Jakarta. Tapi...