Senin, 02 Mei 2011

Pemain Asing Indonesia Jadi Mualaf


Ada sebuah pertanyaan menggelitik yang diajukan kru Sabili saat saya diwawancara tahun 2010 lalu. Kurang lebih pertanyaannya begini, “Kalo pemain muslim      nasional ada gak yang kayak pemain internasional, berdakwah di  tengah aktivitas persepakbolaannya?

Menurutku sih banyak dong. Coba aja perhatiin, pemain asing yang sudah lama beredar di Indonesia banyak yang jadi mualaf. Salah satunya Cristian Gonzales, pemain naturalisasi Indonesia asal Uruguay yang menjadi aktor penting timnas Indonesia di Piala AFF 2010. Tentunya mereka jadi mualaf setelah melihat aktivitas kawan-kawannya yang mayoritas Muslim.

Gonzales banyak belajar Islam dari istrinya, Eva Nurida Siregar. Gonzales dan Eva bertemu di Cili dan menikah pada tahun 1995. Saat itu Gonzales masih beragama Katholik dan istrinya beragama Islam.
Kepindahan Gonzales tahun 2003 ke klub Indonesia PSM Makassar menjadi pintu hidayah bagi Gonzales. Ia banyak belajar dari masyarakat Indonesia yang mayoritas Muslim. Tanggal 9 Oktober 2003 Christian Gonzales memutuskan untuk masuk Islam atas dasar kemauan sendiri dengan disaksikan oleh ustadz Mustafa di Mesjid Agung al Akbar Surabaya. Christian Gerard Alfaro Gonzales kemudian diberi nama Mustafa Habibi. Nama Mustafa diambil dari guru spiritualnya, ustadz Mustafa sedangkan Habibi (cintaku) diambil karena rasa cinta sang istri amat besar kepada Christian Gonzales.
Islam memiliki kesan tersendiri bagi Gonzales “Karena di dalam Islam setiap ada sesuatu ada ucapan doanya seperti ketika masuk rumah mengucapkan assalamualaikum, ketika mau melakukan sesuatu diawali dengan basmalah, dan setiap melangkah dalam Islam selalu aja ada bacaan. Dan ini menjadi hati saya merasa tenang” Ungkap Eva mengutip ucapan Gonzales.

Mantan rekan setim Gonzales di Persik Kediri, Danilo Fernando juga memutuskan menjadi mualaf tak lama setelah merumpt di Indonesia. Begitu pun dengan pelatih nyentrik asal Moldova, Arcan Iurii.

Di kesebelasan lain ada pemain asal Brasil, Antonio Claudio (Persibom, Kabupaten Bolaang Mongondow, Sulawesi Utara), pemain asal Cile, Patricio Jimenez (Semarang United), dan Javier Rocha (Batavia Union). Keputusan mereka menjadi mualaf umumnya didorong keinginan sendiri, tanpa ada paksaan dari pihak mana pun.

''Tidak ada orang yang memaksa saya masuk Islam. Saya menjadi mualaf murni karena keinginan saya sendiri,'' ujar Danilo. Hal yang sama diakui Iurie. "Sebelumnya, aku lahir dan besar sebagai penganut Kristen Ortodoks. Kini aku serius menjadi pemeluk agama Islam. Pilihan ini bukan sekadar main-main," ucap Iurie.

                Sedangkan striker Delras Sidoarjo, Marcio Souza mengatakan dia sudahama tertarik untuk memeluk Islam. Karena selama empat tahun dia bermain di Indonesia yang merupakan negara Islam terbesar di dunia, juga ikut memengaruhinya. 

“Saya senang dan tertarik melihat kawan-kawan lain, selalu taat dan rutin beribadah kalau pas tiba waktunya shalat. Bahkan dalam perjalanan away, di tengah perjalanan sekali pun kawan-kawan tak lupa beribadah. Mereka seperti menemukan kedamaian saat beribadah,” katanya.

                Subhanallah, hidayah memang bisa datang dari mana pun, termasuk dari lapangan hijau.

(Buku sepak Bola dan Dakwah Islam halaman 52, klik gambar di kiri blog untuk memesan)

12 komentar:

  1. hanya orang yang bodoh yang mau menjadi mualaf

    BalasHapus
    Balasan
    1. dan hanya orang paling begok yang mw jd kristiani,..,.

      patung disembah2,.,.??
      begok g tuch,.,.

      Hapus
    2. woi udah kita di Indonesia Bhinneka Tunggal Ika, harus menghormati perbedaan agama..
      lagipula dalam Islam pun sudah jelas "Lakum dinukum waliyaddin"
      bagiku agamaku dan bagimu agamamu
      jadi tak perlu saling mencela, jalankan sesuai keyakinan masing2 :D

      Hapus
  2. @ yan_cristiani

    semoga anda diberi petunjuk dari tuhan, karena agama yg benar-benar menyembah Tuhan hanya Islam

    BalasHapus
  3. hanya ingin tetap eksis berkarir di indonesia di indonesia sj, dan mereka tdk punya iman yg kuat.jujurlah kalian pd diri sendiri.

    BalasHapus
  4. Anda yg bodoh dan begok..tau diri dong...Dasrun:Dasar Manyun..

    BalasHapus
  5. Kt situs ini adalah sebodoh2nya org yg jd mualaf
    http://indonesia.faithfreedom.org/forum/

    BalasHapus
  6. @semua: kita liat dari kualitas dulu..
    Baru Kuantitas..
    Kalau secara Kuantitas sudah terbukti bahwa kristen yg paling banyak..
    Kalau bilangin kristen nyembah patung itu tidak benar karena arah doanya ke Tuhan..
    Daripada islam bicara kumur" ngawur kayak orang kerasukan..
    Pakai jamaah" segala..
    Lebay
    Ndeso..
    Larang" lady gaga dtg ke indonesia..tutup rumah makan secara paksa waktu puasa..
    Kini siapa yg cinta Damai..
    SIAPA??
    TObaT lu!!

    BalasHapus
  7. @anonim...........

    low aj yang ngaur orng hari minggu pergi libur lo malah nyanyi2 gk jelas bangets.......

    lo ndeso.............
    gk nyadar emang elo....

    kalu mau lady gaga datang k indo bawa aj kerumah lo, pasti gk ad yg larang....

    bangga hanya sama kuantitas tu mach gk penting yang penting kulitas dasar idiot tingkat tinggi........

    beloh nanya gk tuhan low cp???
    udah bikin ap aj??
    bisa bikin langit kedelapan???

    wow kalau bisa fantastic......

    low aj yg tobat ya cinnnn........

    dasar ahli neraka.......

    BalasHapus
  8. Agama kok maksa
    prett

    BalasHapus
  9. SEGITU BELUM SEBERAPA.. NEGARA2 BARAT SUDAH TERLEBIH DAHULU MENJADI NEGERI BERTABUR MUALLAF.. ADA YANG LATAR BELAKANGNYA MANTAN PENDETA, MANTAN ATHEIS, BANGSAWAN INGGRIS, NEGARAWAN, ILMUWAN, PEREMPUAN TERDIDIK INGGRIS CENDERUNG MEMILIH ISLAM SEBAGAI AGAMANYA.. KEBANYAKAN YANG MASUK ISLAM DI BARAT ADALAH KAUM INTELEKTUAL.. DI INDONESIA BAHKAN DI DUNIA BANYAK SEKALI YANG AHLI ALKITAB (BIBEL) PARA PENDETA, PASTOR, DAN BIARAWATI.. SETELAH MEREKA MENELITI ALKITAB DENGAN TELITI DAN CERMAT MEREKA MENJADI MUALAF..

    BalasHapus

ada komentar? silakan tuliskan.. hatur nuhun
(kalo yg nggak punya blog pilih yang name/URL, URL-nya dikosongin aja, okay?)

Entri yang Diunggulkan

Pengalaman Cek Fisik Bantuan di Samsat Karawang Buat Perpanjang STNK

Halo guys, kali ini gw mau berbagi pengalaman mengenai cek fisik bantuan di Samsat Karawang. Jadi gini, sekarang gw tinggal di Jakarta. Tapi...