Minggu, 01 Mei 2011

Serunya Nulis Buku Club Chapter 4

Sekarang saya mau cerita dikit tentang pertemuan Nulis Buku Club Chapter 4 (#NBC4) yang bertempat di Pisa Cafe Mahakam Sabtu (30/4). Jadi begini, saya datang ke NBC soalnya penasaran banget sama orang-orang yang ada di nulisbuku.com. Terus saya juga kan udah nerbitin dua buku di nulis buku, yang pertama Terjebak di Bawah Sadar yang kedua Sepak Bola dan Dakwah Islam. Kalo penasaran ama bukunya bisa klik link di sebelah kiri blog ini.

Ini pertama kali saya mengikuti NBC. Sebelumnya saya pernah mengikuti NBC Bandung. Tapi acaranya cuma ngobrol-ngobrol doang ga ada sharing materinya, trus ga ada tim nulis bukunya. Makanya saya datang ke NBC yang di Jakarta karena ini resmi diadakan nulis buku.

Tadinya agak bimbang juga jadi ikut apa nggak. Apalagi Kamis saya masih di Bandung. Tapi karena ada panggilan kerja dari vivanews.com, ya sudah hari Jumat saya ke Jakarta dan ikut NBC hari Minggunya. Kebetulan bisa sempet kalo nanti siapa tau sibuk kerja.

Saya termasuk yang datang duluan, saat saya hadir baru ada empat orang. Tapi lama kelamaan banyak juga jadi ada sekitar 40 orang. Sebelum acara dimulai, ada perkenalan dulu satu persatu. Wah pas giliran saya nyebut baru keterima kerja di vivanews langsung pada tepuk tangan uy, hehe.

Sesi pertama ada materi "Writing in English" oleh Sita Sidharta. Bu Sita ini neranginnya canggih banget. Beliau menggunakan power point untuk menerangkan materi ini dari mulai cara mendapatkan ide, membuat paragraf, dan juga membangun karakter dalam sebuah cerita khususnya non fiksi. Selain itu juga beliau menguraikan langkah yang tepat dalam menulis dalam bahasa Inggris.

Hmm.. kalo saya sih jarang nulis pake English yah, paling waktu nulis abstrak skripsi. Hhe. Lebih sering justru translate dari Inggris ke Indonesia untuk keperluan berita, dulu di Tabloid Soccer, terus koran OLE dan nanti vivanews. Jadi menurut saya materi ini penting juga.

Lalu ada sesi tanya jawab. Saya bertanya cara menulis bahasa Inggris apakah harus ditulis bahasa Indonesia dulu atau langsung Inggris saja. Menurut beliau langsung saja bahasa Inggris karena banyak padanan kata bahasa Indonesia dan Inggris yang berbeda.

Selanjutnya ada pembacaan prosa dari Andi Gunawan. Prosa yang cukup menyentuh juga dan juga bikin merinding. Katanya dia akan segera meluncurkan bukunya di nulisbuku.com.

Terakhir ada materi Book Marketing dari Jed Revolutia. Dia sih tidak pake slide power point. Jadi kebanyakan cerita aja mengenai bukunya yang berjudul You Are Likeable. Sepertinya dia sudah melakukan promosi besar-besaran terhadap bukunya, sampai bikin versi e-book nya segala. Harus ditiru juga nih, soalnya saya agak kesulitan memasarkan buku.

Lalu terakhir sang owner nulis buku, Aulia Halimatussadiah atau biasa dipanggil mbak Ollie ikut berbagi cerita. Keren juga dia uy baru usia 28 tahun udah nerbitin 19 buku aja. Dia bertanya apa motif menulis. Dia sih ga malu-malu motif menulis adalah uang karena kita bisa kaya dengan menulis. Hmm.. bener juga yah, saya juga kan kerjanya ntar nulis di vivanews. com. Hhe..

Oke segitu aja review dari saya. Menarik juga acaranya. Saran saya sih jangan di akhir bulan soalnya dui lagi pas-pasan, terus jangan mahal-mahal dong tarifnya yang merakyat dikit :D

Oh iya ini ada foto dari #NBC4

Nyempil uy saya


wah saya paling ganteng di sini :D


1 komentar:

  1. The craftsmanship is hublot replica and also you will get that these will flatter your appear whenever you put them on. You will have the ability to select from quite a few various types. Think of the assortment of sizes and shapes when you are looking for tag heuer replica sale for your self. If you are rolex replica it is easy to put on a much wider and bigger timepiece. For smaller boned people today a delicate watch could be in order. Pick one that could flatter you with any outfit that you determine to wear replica watches uk. Colour can also be one thing that must be considered after you are looking for Rolex Explorer II. You will find so many different kinds of breitling replica sale to choose from, so you might certainly obtain the ideal style for oneself. Keep in mind to care for the rolex replica sale. There will likely be instructions for their care and upkeep included in the box any time you obtain them.

    BalasHapus

ada komentar? silakan tuliskan.. hatur nuhun
(kalo yg nggak punya blog pilih yang name/URL, URL-nya dikosongin aja, okay?)

Entri yang Diunggulkan

Pengalaman Cek Fisik Bantuan di Samsat Karawang Buat Perpanjang STNK

Halo guys, kali ini gw mau berbagi pengalaman mengenai cek fisik bantuan di Samsat Karawang. Jadi gini, sekarang gw tinggal di Jakarta. Tapi...